Car Review Indonesia

 

New Honda Mobilio : Ternyata Lebih Dari Sekadar Facelift, Banyak Fitur Baru Di Dalamnya

| 12 January, 2017

Cukup dinanti dan setelah muncul banyak kejutan. Karena New Honda Mobilio yang sekadar 'facelift' ini, ternyata memiliki banyak perbedaan dan tambahan fitur baru. Apa saja dan berapa saja harganya?

Hari ini, Kamis (12/01), PT Honda Prospect Motor (HPM) menampilkan New Honda Mobilio facelift di hadapan media nasional..

Memilih tempat di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, New Honda Mobilio yang didengungkan hanya 'sekadar' facelift, ternyata melakukan cukup banyak ubahan di berbagai sisi.

Mobilio terbaru ini tampil cukup berbeda, serta melakukan ubahan tampang yang pertama kali sejak MPV 7-seater ini diperkenalkan pada tahun 2014 silam.

Carreview.id coba membahas ragam ubahan yang ada pada New Honda Mobilio untuk para pembaca setia.

Mari mulai membahas dari bagian eksterior, jika dilihat secara seksama, New Honda Mobilio tampil berbeda dengan ubahan pada grill depan, garis-garis pada kap mesin, serta lampu depan yang kini dilengkapi dengan LED light guide.

Bentuk depan tampil beda dengan ubahan desain kap dan grill
Lampu depan telah menggunakan LED

Sementara di samping, akan terlihat pelek alloy yang masih sama, yaitu berdiameter 15 inci, namun memiliki desain yang memberi kesan elegan.

Pelek turut memberi kesan elegan 

Sementara di belakang, juga dibuat lebih mewah dengan garnish chrome. Sementara variasi susunan lampu belakang, tetap serupa.

Garnish crome sama seperti yang digunakan Odyssey

Ubahan tampilan luar, memang menjadi salah satu ciri mobil yang disebut 'facelift'. Tetapi New honda Mobilio hadir dengan beberapa ubahan lainnya, yang merambah ke dalam kabin.

Begitu masuk ke dalam kabin, akan tampak ubahan pada jok depan. Kali ini menggunakan headrest yang terpisah dengan bagian sandaran jok, tak lagi model 'pocong' yang menyatu dengan sandaran jok.

Headrest terpisah yang bisa diatur ketinggiannya ini, tak hanya bagus dari segi estetika. Tetapi juga mendukung faktor keselamatan dan kenyamanan berkendara, karena dengan headrest yang bisa disesuaikan dengan tinggi kepala penumpang, akan terasa nyaman.

Lebih penting lagi, karena ketinggiannya disesuaikan dengan pengguna, jika terjadi tabrakan dari belakang, kepala akan tertahan dengan lebih presisi, mencegah cedera leher, yang bisa meyebabkan kematian.

Headrest terpisah, aman dan nyaman

Masih di seputaran jok. Kali ini tak seperti headrest yang khusus penumpang depan, tetapi hal baru untuk kenyamanan tujuh orang penumpang di dalamnya. Honda menempatkan bantalan jok yang lebih tebal, sehingga mampu mengurangi guncangan saat melintasi permukaan tak rata.

Memang, kenyamanan ini lebih baik dibandingkan rival-rival sekelasnya, meski belum sampai pada taraf kenyamanan seperti MPV premium, tentunya.

Selain itu, untuk Anda yang terbiasa duduk di baris kedua. New Mobilio telah merubah jok mereka dengan jok yang lebih tebal. Sehingga penumpang baris kedua juga dapat merasakan kenyamanan khas sebuah MPV premium.

Bantalan bangku lebih tebal, memberikan kenyamanan lebih baik

Masih di dalam kabin, ada perangkat penunjang keselamatan yang ditingkatkan, yaitu seatbelt tiga titik bagi penumpang di baris kedua yang duduk di tengah. Sehingga, total seluruh penumpang New Honda Mobilio akan mendapatkan seatbelt tiga titik.

Hal baru lainnya, adalah tombol AC yang kali ini memiliki desain lebih baik dan mudah dioperasikan. Walau begitu, belum mengadopsi fitur dual zone, yang memisahkan suhu di kabin sebelah kiri dan kanan.

Namun, suhu kabin tetap merata, karena MPV ini dilengkapi dengan double blower, seperti sebelumnya.

Berbagai ubahan di eksterior maupun interior ini tampaknya sudah cukup bagi Honda, mengingat, kali ini ubahan tersebut masih disebut facelift.

Alhasil, New Mobilio tetap menggunakan mesin yang serupa dengan pendahulunya, Honda L15A, i-VTEC, SOHC 16 katup, berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 118 dk/6.600 rpm dan merupakan yang paling tinggi di kelasnya.

Mesin tetap sama dengan pendahulunya

Mesin ini masih tetap unggul, karena meski memiliki tenaga terbesar di kelasnya, New Honda Mobilio diklaim tetap irit bahan bakar.

Hal tersebut berkat andil transmisi CVT Earth Dreams Technology dan fitur ECO indikator yang mendukung gaya berkendara hemat bahan bakar Anda.

Tertarik memiliki New Mobilio?

Harga terendah untuk tipe S bertransmisi manual dibanderol Rp 189,5 juta, sementara tipe E transmisi manual di angka Rp 210 juta, dan otomatik CVT, dijual Rp 221 juta.

Selain itu, Honda juga menghadirkan varian RS dengan transmisi manual, yang dipasarkan Rp 233 juta, sementera versi bertransmisi otomatik CVT, dibanderol Rp 243,5 juta.

Tag : #Honda Mobilio  # MPV 7-seater  #PT Honda Prospect Motor 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]