Secara umum ukuran Ignis sedikit lebih imut, namun ternyata mobil ini memiliki wheelbase lebih panjang dari Suzuki Splash, sehingga tersedia ruang yang lebih lega.

Suzuki Ignis : Terlihat Mungil Namun Lebih Lega Dari Splash

 
Suzuki Ignis : Terlihat Mungil Namun Lebih Lega Dari Splash

Secara umum ukuran Ignis sedikit lebih imut, namun ternyata mobil ini memiliki wheelbase lebih panjang dari Suzuki Splash, sehingga tersedia ruang yang lebih lega.

Skenario Suzuki untuk memasukkan Ignis di tahun depan memang masih samar-samar. Mobil mungil ini digadang-gadang sebagai pengganti Suzuki Splash.

Seperti kita tahu, bahwa posisi Splash kini telah discontinue dari pasar nasional dan hal ini bisa saja menjadi sinyalemen kuat bagi Ignis untuk mengisi kekosongan tersebut.

Dikabarkan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah melakukan studi mendalam mengenai harga dan segala sesuatu tentang mobil ini. Besar harapan, semester kedua tahun depan si mungil ini bisa mengaspal di Indonesia.

Penampilan Suzuki Ignis pada GIIAS 2016 silam bisa menjadi gambaran sosok Ignis yang akan dijajakan SIS mendatang. Di pasar domestik Jepang, Ignis hanya akan diperkenalkan dalam versi mesin bensin K12C 4 silinder, inline 1.200 cc.

Sementara untuk pasar India, mobil  ini justru ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Selain mesin Suzuki K12C tadi, mesin diesel 4 silinder 1.300 cc DDiS.

Melihat populasi Suzuki di Indonesia selama ini, bisa dipastikan hanya tipe bensin saja yang akan berkompetisi di pasar nasional Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Suzuki Splash yang akan digantikannya, Ignis merupakan spesies yang berbeda. Walaupun memiliki spesifikasi mesin yang relatif sama, namun pada dasarnya Ignis merupakan sosok sebuah mini crossover, sedangkan Splash merupakan sebuah city car.

Dibandingkan dengan Splash, varian anyar ini memiliki sedikit lebih mungil namun memiliki wheelbase lebih panjang. Selisih 75 mm merupakan angka yang cukup untuk memberikan ruang kabin yang lebih panjang, sehingga pada semua aspek interior Ignis  lebih lega dibandingkan dengan Splash.

Selain wheelbase lebih panjang, Ignis pun lebih tinggi dibandingkan Splash. 

Dari segi desain, tampilan sebuah crossover cukup kental pada Ignis. Berbeda dengan Splash yang banyak memganut garis bodi membulat, Ignis memiliki bodi dengan garis tajam yang lebih tegas. Jika diperhatikan pengaruh desain dari Swift nampak pada beberapa bagian.

Namun, meski tergolong crossover, ternyata ground clearance Splash yang menyandang nama city car justru lebih tinggi. Meski selisihnya tidak terlalu signifikan (5 mm), dapat dipastikan Ignis aman melibas medan dengan permukaan jalan tidak rata.

Seperti halnya Splash, nantinya Ignis akan dibekali dengan pilihan transmisi 5 percepatan dan otomatik (CVT) 4 percepatan.

Tentang harga, belum ada angka pasti yang dikeluarkan oleh SIS, namun kabar yang santer terdengar harganya akan di kisaran Rp 150-180 juta

Spesifikasi Suzuki Ignis

Wheelbase

2.435 mm

Panjang

3.700 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi                   

1.595 mm

Ground clearance

180 mm

 

Spesifikasi Suzuki Splash

Wheelbase

2.360 mm

Panjang

3.720 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.590 mm

Ground clearance

185 mm

 

 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com