Manakah yang mampu menjadi terbaik dari segi dimensi, fitur, dan harga? Apakah pemain lama ataukah sang pendatang baru?

Komparasi : Dimensi, Fitur, dan Harga Suzuki Ertiga vs Wuling Confero

 
Komparasi : Dimensi, Fitur, dan Harga Suzuki Ertiga vs Wuling Confero

Manakah yang mampu menjadi terbaik dari segi dimensi, fitur, dan harga? Apakah pemain lama ataukah sang pendatang baru?

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa segmen Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) memiliki pasar yang cukup besar di tanah air.

Tak ayal para pabrikan berlomba-lomba menghadirkan inovasi untuk produk mereka agar mampu mengundang perhatian konsumen.

Bila pada artikel sebelumnya kami pernah membahas beberapa keunggulan dan kelemahan Wuling Confero dibandingkan Toyota Avanza yang kebetulan eksis di kelas yang sama. Kali ini giliran Wuling Confero S yang akan beradu spesifikasi dengan Suzuki Ertiga.

Dimensi

Secara dimensi, Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm serta memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) 2.740 mm.

Sedangkan Wuling Confero S hadir dengan panjang 4.493 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.715 mm serta berjarak sumbu roda 2.720 mm.

Dari segi dimensi, terlihat bahwa Wuling Confero menawarkan ruang kabin yang lega berkat dimensi lebih panjang ketimbang Suzuki Ertiga, meski wheelbasenya lebih pendek dari Ertiga.

Fitur

Dimulai dari Suzuki Ertiga yang telah lebih dulu hadir di kelas ini. Fitur-fitur yang tersemat antara lain, Multi Information Display, head unit dengan fitur pengontrol di setir, soket 12V pada baris kedua, dan kursi baris ketiga yang mempunyai sistem lipat 50:50

Sementara Wuling Confero S dibekali dengan fitur-fitur anyar, seperti head unit dengan fungsi Bluetooth, jok Captain's Seat, Socket USB di tiap baris, dan Multi Information Display dengan fungsi Tyre Pressure Monitoring System, yang memberikan informasi tekanan angin ban di tiap roda.

Harga

Suzuki memiliki 6 varian line up dagang New Ertiga di Indonesia (termasuk varian diesel). Harga yang ditawarkan mencapai Rp 186- 226 juta. Sementara Wuling Confero memiliki banderol lebih murah dibandingkan Ertiga, yakni Rp 128-162 juta.

Kesimpulan

Jika kedua mobil ini disandingkan, bisa dikatakan Wuling Confero memiliki keunggulan yang cukup signifikan dari segi fitur, dimensi, dan harga dibandingkan Suzuki Ertiga. Hal yang disayangkan adalah Wuling Motors tidak menyediakan pilihan transmisi otomatik untuk Confero.

Begitu juga soal fleksibilitas di kabinnya. Suzuki Ertiga, dengan konfigurasi bangku baris ketiga yang bisa dilipat 50:50 memberikan ruang lebih bagi orang maupun barang di dalamnya. Sehingga ketika memerlukan bangku untuk 6 orang, ruang untuk barang yang agak luas masih tersedia.

Sementara Wuling Confero S, meski penumpang akan lebih nyaman dengan Captain's Seat dibandingkan duduk di bangku baris kedua Ertiga. Namun ketika memerlukan ruang untuk ruang maupun barang, kursi di baris ketiga hanya bisa dilipat secara keseluruhan, sehingga meski kapasitas barang lebih luas, namun daya angku penumpangnya hanya 4 orang saja.

 
Related
Updates

otodriver.com