Indonesia layak berbangga, karena dengan hadirnya world premiere dan mobil-mobil konsep dari pabrikan, GIIAS 2016 sudah setara dengan pameran otomotif kelas dunia lainnya.

GIIAS 2016 : Inilah Ciri Khas Pameran Otomotif Berstandar Internasional

 
GIIAS 2016 : Inilah Ciri Khas Pameran Otomotif Berstandar Internasional

Indonesia layak berbangga, karena dengan hadirnya world premiere dan mobil-mobil konsep dari pabrikan, GIIAS 2016 sudah setara dengan pameran otomotif kelas dunia lainnya.

Geneva Auto Show, Tokyo Motor Show, Paris Auto Show serta beberapa pameran otomotif internasional, menjadi parameter yang digunakan masyarakat dunia akan perkembangan di dunia otomotif.

Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan mobil konsep. Sebuah purwarupa yang memberikan wacana pada khalayak dunia, bagaimana perkembangan teknologi di bidang otomotif ini akan diimplementasikan dalam bentuk nyata. Sebagai produk massal tentunya.

Dengan adanya GAIKINDO Indoneisa Internasional Auto Show (GIIAS), masyarakat dunia memiliki barometer baru. Kenapa disebut masyarakat dunia? Sebab kemunculan world premiere atau debut sebuah mobil produk massal maupun mobil konsep di hadapan khalayak, menjadi pusat perhatian masyarakat otomotif dunia.

GIIAS 2016, yang baru saja dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (11/8) kali ini, mempersembahkan world premiere yang juga merupakan mobil konsep. Yaitu Mitsubishi XM Concept, crossover MPV dari pabrikan berlambang Tiga Berlian. Semakin menarik, karena mobil konsep ini akan menjadi produk massal dalam waktu dekat.

Tak hanya mobil konsep Mitsubishi, mobil konsep lainnya juga ditampilkan di GIIAS 2016. Lexus menampilkan dua mobil konsep, yaitu Lexus LF-FC dan RC F GT3 dengan karakter yang bertolak belakang.

Lexus LF-FC merupakan mobil konsep yang mengedepankan teknologi masa depan dengan fuel cell hydrogen, yang menjadikan sumber energi untuk pengisian baterai sebagai suplai listrik bagi keempat motor listrik pada tiap rodanya.

Tentu, lingkungan ramah dengan emisi nol, yang menjadi tujuan utama.

Sementara Lexus RC F GT3, mobil balap dengan tenaga luar biasa dari mesin V8, 5.000 cc, berdaya maksimal 540 dk. Bobot mobil bongsor inipun sudah direduksi hingga hanya 1.250 kg saja. Tujuannya agar mobil semakin mudah melesat di sirkuit. Berbeda bukan, dibandingkan konsep serbairit dari LF-FC?

LF-CF, sedan mewah tanpa emisi
RC F GT3 disiapkan untuk balap 

Toyota menampilkan Toyota CH-R Concept, yang debut di Paris Motor Show 2014 lalu, begitu pula dengan Toyota Mirai Concept yang pernah menyambangi tanah air di GIIAS 2015 lampau.  Kali ini Toyota FCV Plus yang memiliki konsep baru di bidang kendaraan hidrogen, yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga bagi lingkungan sekitar.

Toyota C-HR Concept, produk massalnya sudah ada di Jepang
Toyota FVC Plus sumber tenaga mandiri
Toyota Mirai kembali hadir tahun ini

Sementara Datsun, menampilkan mobil konsep berbasis Datsun Go+, yang bernafaskan mobil untuk berpetualang dengan daya jelajah maksimal. Datsun Go-Cross Concept, sebuah konsep crossover dengan ground clearance cukup untuk digunakan beraktivitas outdoor yang membutuhkan sarana transportasi berdaya jelajah tinggi, namun juga masih nyaman untuk keluarga.

Datsun Go-Cross andalkan ground clearance tinggi
Basis dari Datsun Go+ yang gamblang terlihat pada Go-Cross

Daihatsu juga membawa mobil konsepnya, yaitu Hinata, Tempo dan Cast Sport dan Cast Activa. Seperti umumnya mobil Daihatsu yang beredar di Negeri Matahari Terbit, ukuran kompak menjadi favorit, seperti dimensi mobil konsep yang dibawa ke GIIAS 2016 ini.

Kemudahan akses yang dijagokan Daihatsu Hinata
Kompak dan simpel dan lincah menjadi ciri Cast Sport
Coupe mungil yang fun to drive, Cero
Cast Adventure, daya jelajah tinggi

Tak hanya kendaraan penumpang, pada kategori kendaraan komersial juga dihadirkan truk konsep, seperti Mitsubishi Fuso FJ 1623. Truk konsep ini mengedepankan efisiensi bahan bakar, dengan penggunaan maksimal. Bodi aerodinamis, menjadi salah satu unsur pendukung konsumsi bahan bakar yang irit, serta penggunaan perangkat demi kenyamanan pengemudinya dioptimalkan pada truk konsep ini.

Aerodinamis serta bermesin efisien pada Truk FJ 1623 Concept

Itulah salah satu ciri khas pameran otomotif berstandar internasional yang ada pada GIIAS 2016. Tentu masih banyak lagi hal-hal lain khas gelaran mendunia dari GAIKINDO dengan organizer Seven Events ini.

Supported By : 

Smartfren 4G LTE

 

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com