Terbilang cukup menyita waktu memang proses penggantian inflator airbag di sisi penumpang ini. Agar pengerjaan tidak semakin membuang waktu, lakukan prosedur yang telah ditetapkan TAM untuk konsumen.

Penggantian Airbag Inflator Butuh 2,5 Jam Itupun Ada Syaratnya

 
Penggantian Airbag Inflator Butuh 2,5 Jam Itupun Ada Syaratnya

Terbilang cukup menyita waktu memang proses penggantian inflator airbag di sisi penumpang ini. Agar pengerjaan tidak semakin membuang waktu, lakukan prosedur yang telah ditetapkan TAM untuk konsumen.

Terkait permasalahan global perusahaan vendor airbag Takata yang diketahui cacat produksi, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyarankan untuk 40.280 unit kendaraan Toyota lansiran 2001 hingga 2008 mengganti peranti airbag inflator tersebut demi keamanan dan keselamatan berkendara.

Penggantian peranti yang masuk dalam program Special Service Campaign TAM ini dapat dilakukan secara gratis di 283 jaringan bengkel resmi yang terdapat di seluruh Indonesia.

Lantas apa saja yang perlu diganti oleh pihak bengkel resmi agar sistem keselamatan kantung udaranya tetap dipastikan berfungsi baik saat terjadi benturan. Dan apakah cukup lama proses penggantiannya?

Mengingat dugaan masalah pada peranti penggembung kantung udara tersebut hanya di sisi penumpang, dimana lokasinya tersembunyi di balik dasbor.

Dadi Henriadi, General Manager Technical Service, PT Toyota Astra Motor menjelaskan penggantian hanya pada inflator unit assy yang berbentuk seperti tabung pada bagian sisi penumpang. Fungsinya sebagai pemicu mengembangnya kantung udara saat terjadi benturan.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari pihak prinsipal Toyota di Jepang, ada empat model yaitu Camry, Corolla Altis, Vios dan Yaris yang menggunakan inflator airbag keluaran Takata,” tambahnya.

Kendati demikian, meski penggantian hanya terdapat pada inflator unit assy saja, namun ternyata pengerjaannya terbilang memakan waktu. Karena letaknya yang tersembunyi dibalik dasbor, maka harus melepaskan beberapa komponen pada dasbor untuk mengakses peranti tersebut.

“Kira-kira butuh waktu 2,5 jam untuk pengerjaan tiap mobil,” tegas Dadi. “Itu pun dengan catatan konsumen telah melakukan booking service dahulu sebelumnya untuk bengkel resmi yang dituju menyiapkan stall service dan sukucadang penggantinya,” tambah pria berkacamata ini.

Oleh karenanya, pihak TAM menyarankan kepada konsumen untuk terlebih dahulu menghubungi layanan Call Centre Toyota 24 jam di 1-500-315 atau melalui website www.toyota.astra.co.id untuk melakukan konfirmasi dan membuat layanan booking service terlebih dahulu. Agar saat tiba waktunya penggantian, seluruh teknisi dan onderdil penggantinya telah siap.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com