Workhorse W-15 menjadi pikap plug-in hybrid pertama di dunia. Tunggangan ini akhirnya mendahului rencana Tesla yang lebih dulu gembar-gembor akan meluncurkan pikap .

Workshorse W-15 : Andalkan Plug-In Hybrid, Muncul Lebih Dulu Dari Pikap Tesla

 
Workshorse W-15 : Andalkan Plug-In Hybrid, Muncul Lebih Dulu Dari Pikap Tesla

Workhorse W-15 menjadi pikap plug-in hybrid pertama di dunia. Tunggangan ini akhirnya mendahului rencana Tesla yang lebih dulu gembar-gembor akan meluncurkan pikap .

Kendaraan listrik digadang-gadang menjadi kendaraan masa depan. Kendaraan ramah lingkungan ini tidak lagi menjadi monopoli kendaraan penumpang saja. Namun mulai merambah ke moda transportasi lainnya termasuk pikap.

Tesla memang lebih dulu berkoar akan memperkenalkan versi pikapnya. Tetapi kendaraan dari pabrikan asal Fremont, California, Amerika Serikat tersebut, belum muncul hingga saat ini.

Belum hadirnya pikap dari Tesla tersebut, seolah menjadi peluang tersendiri bagi Workhorse W-15, sebuah pikap bermesin hybrid yang akan hadir mendahului pikap listrik milik Tesla. Walau bukan murni sebagai mobil listrik, namun pada segmen pikap, Workhorse W-15 menjadi yang pertama menggunakan sumber tenaga ganda.

W-15 memiliki kombinasi sumber tenaga yang berasal dari sepasang motor listrik untuk tiap poros roda dan sebuah mesin konvensional. Penggerak dengan motor listrik di tiap poros roda itulah yang membuatnya sebagai kendaraan berpengerak empat roda.

Situs Autoevolution.com (10/11) melansir bahwa pikap ini sanggup berjalan sejauh 130 km dengan mode full elektrik mengandalkan batere lithium ion yang tertanam di bawah lantainya.

Dikatakan bahwa pikap ini sanggup menempuh jarak 500 km, jika mengandalkan kombinasi pada sistem hybrid. Hanya saja belum diketahui jenis mesin bakar apakah yang akan dipergunakan pada mesin konvensional pada W-15 ini.

Workhorse W-15 diklaim memiliki crumple zone yang lebih besar dibandingkan pikap modern yang ada sekarang. Selain itu, jika dibandingkan pikap sejenis, Workhorse W-15 memiliki cenger of gravity yang lebih rendah, karena menempatkan battery pack di tengah sasis.

Dari segi bobot, Workhorse W-15 akan jauh lebih ringan dikarenakan penggunaan bahan komposit untuk panel bodinya yang dikombinasikan dengan sasis tangga berbahan stainless steel.

Belum ada keterangan resmi kapan pikap ini akan diluncurkan, namun yang sudah pasti bahwa pikap ini lebih dulu diluncurkan dibandingkan pikap buatan Tesla.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com