Avanza raih Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut, Tetapi, tak bisa dipungkiri minat masyarakat terhadap Avanza adalah ‘warisan’ Kijang Kapsul yang berganti Innova dengan harga lebih tinggi.

Toyota Avanza : Raih Best Brand Award, Diminati Berkat Hilangnya Kijang Kapsul. Calya Menyusul?

 
Toyota Avanza : Raih Best Brand Award, Diminati Berkat Hilangnya Kijang Kapsul. Calya Menyusul?

Avanza raih Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut, Tetapi, tak bisa dipungkiri minat masyarakat terhadap Avanza adalah ‘warisan’ Kijang Kapsul yang berganti Innova dengan harga lebih tinggi.

Saat muncul di akhir 2003, Avanza sudah memiliki daya tarik yang kuat di hati masyarakat ketika itu. Ditambah lagi, tak lama kemudian, Toyota ‘Kijang kapsul’ tergantikan Toyota Kijang Innova yang diluncurkan pada 2004.

Sebagian konsumen Kijang Kapsul ketika itu, beranggapan harga Innova sudah terlalu mahal untuk menggantikan fungsi sebuah Kijang Kapsul yang boleh dibilang cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat itu.

Pilihan langsung tertuju pada Toyota Avanza, yang meski dimensinya lebih kecil namun harganya lebih terjangkau.

“Selain lebih mahal, Interior Innova terlalu bagus kalau digunakan sebagai mobil keluarga yang juga dipakai pengangkut untuk urusan bisnis,” tukas Ardi, pedagang kelontong yang menggunakan Kijang Kapsul dan berganti ke Toyota Avanza ketika itu.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa sejak pertama kali diperkenalkan pada akhir 2003, Toyota Avanza berhasil mendapatkan respons yang positif dari pelanggan. Salah satunya karena mobil ini dirancang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hal itu terlihat pada hasil penjualan yang tinggi dan menempatkan Avanza sebagai kontributor utama penjualan Toyota. Sejak diluncurkan hingga Agustus 2016, sudah terjual lebih dari 1,48 juta unit. 

Sepanjang Januari-Agustus tahun ini, Avanza kokoh dengan market share 46,9% di segmen low MPVdengan volume penjualan 92.261 unit atau tumbuh 10,2% dibandingkan dengan Januari-Agustus 2015.

Kinerja 8 bulan di 2016 ini, menjadikan Avanza sebagai backbone utama penjualan Toyota dengan kontribusi sebesar 37,65%.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan selama ini terhadap Toyota Avanza. Di masa depan, sebagai bentuk apresiasi kami akan terus memberikan produk, teknologi, dan servis yang melebihi ekspektasi pelanggan, yang sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond,” ujar Henry.

Namun, tampaknya sejarah ini berulang kembali. Ketika Toyota Avanza harganya melambung, muncullah sang adik dengan harga lebih terjangkau, Toyota Calya. MPV LCGC 7 penumpang ini hadir dengan berbagai tipe yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya.

Kita tunggu kiprah Toyota Calya ini, apakah akan menjadi mobil sejuta umat berikutnya?

Best Brand Award kepada Toyota Avanza ini, diberikan oleh MARS Marketing & Research dan Majalah Swa yang bekerja sama dengan Metro TV, di Jakarta, 15 September lalu.

Sepanjang 2016 Toyota Avanza telah menerima 3 penghargaan dari berbagai ajang, antara lain Top Brand Award 2016 untuk kategori MPV CarAutocar Indonesia Reader's Choice Awards 2016 untuk kategori Compact MPV, serta Indonesia Best Brand Award 2016 untuk kategori MPV.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com