ICE Center BSD kembali ramai pada hari Minggu 28 Agustus kemarin. Pasalnya event Gas In Flat Out Vol.3 dihelat Pertamina untuk menyemarakkan peluncuran BBM Pertamax Turbo.

GIFO Vol.3 : Lahirkan Bibit-Bibit Berbakat Motorsport di Indonesia

 
GIFO Vol.3 : Lahirkan Bibit-Bibit Berbakat Motorsport di Indonesia

ICE Center BSD kembali ramai pada hari Minggu 28 Agustus kemarin. Pasalnya event Gas In Flat Out Vol.3 dihelat Pertamina untuk menyemarakkan peluncuran BBM Pertamax Turbo.

Demi memeriahkan peluncuran produk Pertamax Turbo, PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Goodrides menggelar acara bertajuk Gas In Flat Out (GIFO) Vol.3 dengan konsep Autocross.

Setelah dua tahun digelar dengan konsep city rally, event tahun ini Nampak berbeda karena dibuat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Sejak pagi hari (28/08), sebanyak 50 mobil yang dilengkapi dengan mesin turbocharger berkumpul untuk meramaikan kegiatan ini, tak lupa para drifter professional juga turut hadir untuk unjuk kebolehan.

Autocross sendiri merupakan jenis cabang motorsport yang menggunakan  waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama. Dengan menggunakan lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan conedan danpeserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone.

Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan dikenakan penalti berupa penambahan waktu. Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver dalam meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik e-brake atau melakukan sliding
Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom ada pada layout lintasan yang lebih mengacu untuk ke arah high speed.

Sejalan dengan ajang Autocross yang membutuhkan kehandalan pengemudi serta performa kendaraan. Penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi Pertamax Turbo (RON 98) sangat berguna untuk mendapatkan performa maksimal mobil sehingga mobil dapat mencapai kecepatan tertinggi.

“Autocross memang merupakan hal yang sangat baru di Indonesia, berbeda dengan Gymkhana atau Slalom. Dengan terselenggaranya Gas In Flat Out Volume 3, saya berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam cabang motorsport ini. Track layout pada kegiatan ini sangat menantang. Desainnya juga tergolong adil untuk seluruh kelas yang dipertandingkan hari ini dimana kelas tersebut terbagi atas jenis penggerak mobil yang digunakan yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), serta All Wheel Drive (AWD). Mudah-mudahan acara seperti ini dapat terselenggara secara rutin sehingga autocross ini dapat berkembang lebih pesat di Tanah Air,” ujar drifter profesional Indonesia, Dean Zen.

Dalam ajang kali ini, keluar sebagai Juara I atas nama Regi Fiandisa (Subaru Impreza WRX STI), Juara II atas nama Reza (Mitsubishi Lancer Evolution 8 MR), Juara 3 atas nama Reza Alvin Adhitya (Mercedez Benz W124 E220), Best Rear Wheel Drive (RWD) atas nama Evan Shih (BMW E36), Best Front Wheel Drive (FWD) atas nama Ananto Budi Prabowo (Honda Jazz), dan Best All Wheel Drive (AWD) atas nama Ahmad Fadillah Alam (Subaru Impreza WRX STI).

 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com