Tampilan Rio GT yang lebih agresif dari versi standar, membuat KIA yakin untuk bersaing dengan VW Polo GTI dan Ford Fiesta ST. Tentu dengan senjata harga lebih kompetitif yang menarik konsumen.

KIA Rio GT : Beginilah Cara Korea Menantang Polo GTI Dan Fiesta ST

 
KIA Rio GT : Beginilah Cara Korea Menantang Polo GTI Dan Fiesta ST

Tampilan Rio GT yang lebih agresif dari versi standar, membuat KIA yakin untuk bersaing dengan VW Polo GTI dan Ford Fiesta ST. Tentu dengan senjata harga lebih kompetitif yang menarik konsumen.

Gambar resmi KIA Rio yang akan meluncur di Paris Motor Show, Oktober mendatang, ternyata menggandeng 'issue' lainnya soal hatchback yang kini tampil lebih agresif itu.

Tersiar kabar,  versi hi-performance akan segera menyusul dengan nama KIA Rio GT. Namun sejauh ini tampilan secara resmi generasi keempat KIA Rio dengan versi GT tersebut belum nampak juga.

Nantinya kehadiran Rio GT akan semakin memanaskan persaingan super mini yang melibatkan VW Polo GTI dan Ford Fiesta ST sebagai rival dekatnya.

X-Tomi Design pun tergugah untuk mereka-reka seperti apakah penampilan Rio GT. Tentunya gambar rendering bikinan X-Tomi Design ini tidak mengarang bebas, melainkan mengambil panduan dari apa yang dilakukan KIA dalam mengupgrade KIA Cee’d yang sedikit berdimensi bodi lebih besar dari Rio.

Mengacu pada gambar rekaan X-Tomi, maka akan terlihat penggunaan empat titik LED daytime running light.  Lampu yang disebut sebagai ‘ice cube’ ini dipergunakan pada Cee’d GT dan juga ditemui pada Sportage GT. Sentuhan sederhana, namun cukup membuat penampilan Rio GT menjadi lebih agresif.

Lingkar roda melar menjadi 18 inci dan dilengkapi dengan rem cakram 16 inci. Pada gambar rekaan ini nampaknya Rio meminjam pelek dari Cee’d GT.

Spekulasi kami selanjutnya bahwa, super mini ini akan mendapatkan knalpot ganda dan suspensi yang lebih kaku seperti halnya Cee’d GT. Sehingga pengendaliannya menjadi lebih lincah.

Yang menjadi pertanyaan besar adalah perihal mesin yang akan dibenamkan dalam kompartemen mesinnya. Banyak yang menduga bahwa Rio GT akan menggunakan mesin 1.600 cc yang sama dengan yang dipergunakan Cee’d. Hanya saja untuk Rio mesin ini diset ulang untuk memuntahkan daya 180 dk, sementara Cee’d bertenaga 200 dk.

Sayang sekali muntahan tenaga ini lebih kecil dari Polo GTI yang memiliki output 192 dk atau Fiesta ST dengan daya puncak 200 dk. Bahkan menurut beberapa kabar, tak lama lagi kedua pesaing asal benua Eropa itu akan memiliki luapan daya mesin lebih besar lagi.  

Namun demikian, bisa jadi apa yang akan diraih KIA Rio GT ini tak jauh berbeda dengan KIA Cee’d, di mana kakak kandung Rio ini mampu menggorok pasar Polo dan Fiesta, lewat penawaran harga yang lebih bersahabat.

KIA Rio versi standar
 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com