Bisa dibilang, Lada Xcode Concept merupakan rancangan negara sosialis racikan 'kaum kapitalis'. Sentuhan Renault-Nissan, membuatnya sukses menjadi bintang di Moscow Motor Show.

Lada Xcode Concept : Mencuri Perhatian di Moscow Motor Show

 
Lada Xcode Concept : Mencuri Perhatian di Moscow Motor Show

Bisa dibilang, Lada Xcode Concept merupakan rancangan negara sosialis racikan 'kaum kapitalis'. Sentuhan Renault-Nissan, membuatnya sukses menjadi bintang di Moscow Motor Show.

Lada mungkin sebuah merek mobil yang jarang kita dengar, namun di negara asalnya Rusia, Lada merupakan sebuah simbol produk negara sosialis tersebut,  yang mampu melawan kapitalis barat.

Satu atau dua dasawarsa silam kita boleh memandang sebelah mata, melihat produk Rusia ini. Terutama soal desainnya yang sangat-sangat sederhana, jika tak ingin mengatakan itu 'buruk rupa'.

Itu soal desain, mohon jangan membincangkan tentang kelengkapan fitur, sangat minim cenderung primitif dibandingkan produk asal negeri barat, Jepang, Korea bahkan Cina sekalipun.

Namun sekarang berbeda dan tidak bisa lagi disamakan dengan Lada di masa silam. Sejak kepemilikan Renault-Nissan, Lada yang merupakan produk yang cukup diperhitungkan di Rusia itu, mulai mencuri perhatian negara-negara barat.

Salah satu produk Lada yang berhasil mencuri perhatian pada Moskow Motor Show baru-baru ini adalah Lada Xcode. Sebuah SUV kompak yang masih belum masuk daftar produksi di tahun ini.

SUV ini dikembangkan dengan menggunakan DNA dan berbagi parts dengan sedan Vesta dan crossover XRAY yang sudah mengaspal di jalanan Kremlin sejak 2012 silam.  

Pengaruh dari XRAY cukup mencolok dengan desain lekukan khas pada pintunya.

Guratan di belakang seperti gabungan Volvo XC dan Nissan Juke

Menurut Lada, nantinya banderol yang akan dikenakan pada Xcode lebih mahal dibandingkan XRAY. Kemungkinan, Xcode akan menggunakan mesin turbo dan penggerak all wheel drive.

Diperkirakan juga, Xcode ini akan dibuat dengan menggunakan platform BO Renault-Nissan, sama seperti yang dipergunakan pada Vesta dan XRAY.

Platform BO ini dipergunakan pada kelompok crossover kompak seperti Nissan Juke, namun demikian platform tersebut akan dioptimalkan dimensinya sehingga Xcode nantinya berada dalam ukuran antara Juke dan Qashqai.

Kepemilikan Lada 2/3 ada di genggaman Renault-Nissan Alliance, sehingga memungkinkan penggunaan platfom milik Nissan pada produk Soviet itu.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com