Mazda CX-5 disinyalir akan memiliki mesin turbo. Sayang pabrikan asal Hiroshima ini masih bungkam tentang spesifikasi mesinnya.

Mazda : Akankah CX-5 Berikan Perlawan Terhadap CR-V Dengan Mesin Turbo?

 
Mazda : Akankah CX-5 Berikan Perlawan Terhadap CR-V Dengan Mesin Turbo?

Mazda CX-5 disinyalir akan memiliki mesin turbo. Sayang pabrikan asal Hiroshima ini masih bungkam tentang spesifikasi mesinnya.

Pada gelaran Los Angeles AutoShow 2016, Mazda mengkonfimasikan kehadiran versi teranyar dari Mazda CX-5. Dimungkinkan Mazda akan mempersejatai SUVnya ini dengan mesin turbo.

Seperti yang dikutip dari Indianautosblog (7/11) kehadiran mesin turbo CX-5 ini salah satunya untuk membendung laju Honda CR-V teranyar yang dilengkapi dengan mesin turbo 1.500 cc. Namun sejauh ini Mazda masih menyimpan rapat spesifikasi mesin turbo untuk SUV kelas menengahnya itu.

Sebelumnya, keberadaaan mesin turbo pada SUV Mazda telah ditemui pada sosok CX-9 yang menduduki posisi tertinggi SUV di dalam keluarga besar Mazda. Mesin  2.500 cc, empat silinder ini dilengkapi dengan teknologi SkyActiv-G-Turbo dengan output 250 dk dan torsi 420 Nm.

Walau sempat beredar isu yang mengatakan bahwa mesin turbo CX-9 bisa diaplikasikan ada CX-5, namun sepertinya bukan mesin ini yang akan dicangkokkan pada engine bay CX-5.

Kapasitas mesin tersebut jauh lebih masif dibandingkan dengan mesin yang dipergunakan oleh CR-V. Sehingga tidak bisa dikatakan berimbang.

Mesin turbo Honda CR-V diambil dari mesin Civic yang telah diseting ulang sehingga mampu menghasilkan daya 190 dk dengan torso maksimal 243 Nm, sehingga mampu membesut bobot CR-V yang notabenenya lebih berat dari Civic.

Dugaan yang paling populer, Mazda akan melengkapi SUVnya ini dengan mesin turbo bervolume ataupun memiliki performa mesin tak akan jauh dari mesin turbo milik rivalnya itu.

Sekedar berspekulasi. Jika melihat rekam jejak PT Eurokars Motor Indonesia selaku pemegang merek Mazda di Indonesia, yang sebelumnya cukup akrab dengan mobil mewah dan eksotis. Versi bermesin turbo akan menjadi komoditi yang baik untuk merebut pangsa SUV di Indonesia.

Penasaran?  Sabar.…kita tunggu saja tanggal mainnya.

 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com