Kabar akan datangnya Jimny generasi ketiga ini ke tanah air makin santer. Untuk mengenal lebih lanjut Jimny yang merayakan sweet seventeen tahun ini, bisa disimak versi-versi yang ada di mancanegara.

New Jimny : Ada Versi Dieselnya, Bakal Ada di Indonesia?

 
New Jimny : Ada Versi Dieselnya, Bakal Ada di Indonesia?

Kabar akan datangnya Jimny generasi ketiga ini ke tanah air makin santer. Untuk mengenal lebih lanjut Jimny yang merayakan sweet seventeen tahun ini, bisa disimak versi-versi yang ada di mancanegara.

Jimny baru yang akan dipasarkan di Indonesia sebenarnya bukanlah barang baru, terutama di negara asalnya Jepang. Generasi III dari keluarga besar Jimny ini pertama kali diperkenalkan pada hajatan Tokyo Motor Show 1997. Tak terasa Jimny ini telah memiliki masa edar  17 tahun.

Jip ini terdiri atas dua kategori. Pertama adalah kategori reguler car yang dibekali dengan mesin 1.3 liter dan gardan sumbu lebar. Sedangkan kategori lainnya adalah kei car (kei jidosha) alias kategori mobil kecil dengan kapasitas maksimal 660cc. Cirinya menggunakan gardan sumbu pendek dan mesin 3 silinder dengan turbo.

Versi reguler sering disebut sebagai Jimny Wide, lantaran memiliki gardan sumbu lebar. Karena penggunaan gardan sumbu lebar ini,  maka harus dipasangi dengan overfender sehingga ban tidak keluar bodi. Sementara versi Kei tidak menggunakan overfender karena bergardan sempit dan  pelek dan ban yang digunakannya 'tapak kurus'.

JB33 merupakan model awal dengan mesin 1.3 dan overfender

Sejak diperkenalkan. Kategori Kei seolah tidak berkembang secara signifikan. Hanya ada JB23 dengan satu tipe mesin, yakni K6 turbo intercooler yang dipergunakan. Tak ada perubahan selama pada JB23 selama 17 tahun kiprahnya.  Jikalau ada perubahan sifatnya kosmetik dan penambahan fitur keselamatan ataupun kenyamanan.

Jimny Kei memiliki ban bertelapak kurus, tanpa overfender dan bermesin turbo

Berbeda dengan kategori regularnya. Sejak diperkenalkan Jimny Wide mengalami penggantian mesin. Versi awal menggunakan mesin G13BB yang diwariskan oleh generasi sebelumnya. Model ini dikenal sebagai JB33. Mesin baru M13A dengan teknologi VVT-i  menggantikan peran pada tahun 2000.

Seiring dengan penggantian mesin ini, maka kode berganti menjadi JB43.  Pada tahun 2004,  dengan menggandeng Santana Motor, Spanyo, diperkenalkanlah JB53. Jimny yang satu ini dibekali dengan mesin diesel K9K 1.5 turbo diesel, bikinan Renault. Serupa dengan mesin pada Renault Duster. Jip ini hanya dijajakan untuk pasar di Eropa. Kiprah JB53 ini rampung di 2011.

Bodi JB43 dipinjamkan untuk JB53 bermesin diesel

    Kesemua model ini ditawarkan dalam pilihan bodi hardtop maupun replacement top. Terkecuali JB53, kesemua model jip ini dilengkapi dengan pilihan transmisi manual maupun matik.

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com