Dukungan dari OICA, menjadikan GIIAS setara dengan pameran berskala internasional lainnya, seperti Geneve Motor Show dan Detroit Auto Show. Apa saja keistimewaannya dari dukungan tersebut.

Andy Wismarsyah : Angin Segar Bagi GIIAS Sebagai Pameran Otomotif Berskala Internasional Terbesar Se-Asia Tenggara

 
Andy Wismarsyah :  Angin Segar Bagi GIIAS Sebagai Pameran Otomotif Berskala Internasional Terbesar Se-Asia Tenggara

Dukungan dari OICA, menjadikan GIIAS setara dengan pameran berskala internasional lainnya, seperti Geneve Motor Show dan Detroit Auto Show. Apa saja keistimewaannya dari dukungan tersebut.

Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) yang pertama kali digelar setahun silam, sukses menorehkan predikat sebagai pameran otomotif terbesar yang pernah diselenggarakan di tanah air, bahkan di Asia Tenggara.

Terbukti sudah, kualitas pameran mobil milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) ini, tetap menyedot perhatian masyarakat yang haus akan informasi mobil baru dan perkembangan teknologinya. Meskipun lokasi baru yang terbilang cukup jauh dari pusat kota, tak menyurutkan animo pengunjung pameran GAIKINDO yang ke 23 kali tersebut. Gelaran yang berlangsung selama 11 hari (20/8 – 30/8) 2015, sukses besar dengan mencatat jumlah pengunjung hingga 451,654 orang.

Pameran berskala internasional perdana yang diselenggarakan GAIKINDO bersama Seven Event tersebut, berhasil membukukan jumlah transaksi kendaraan bermotor dari berbagai Agen Pemegang Merk (APM) sebanyak 19,746 unit dengan nilai transaksi mencapai Rp  5.456.759.380.000

Sukses besar gelaran tahun lalu tentu membangkitkan semangat GAIKINDO dan Seven Events untuk menggelar perhelatan serupa ke-24 di tahun ini. GIIAS 2016 telah direncanakan akan kembali di gelar pada 11 hingga 21 Agustus mendatang. Area seluas 220.000 meter persegi milik Indonesia Convention Exhibition di BSD City pun kembali digunakan sebagai lokasi pameran.

Sebagai satu-satunya pameran di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara yang telah diakui oleh Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA), berbagai pengembangan telah dicanangkan guna menghasilkan penampilan terbaik pada penyelenggaran tahun ini.

Dengan harapan GIIAS akan menjadi lebih menarikdan semakin dipandang oleh jutaan pasang mata di dunia. Sehingga dalam jangka panjang, GIIAS dapat menjadi sebuah barometer penyelenggaran pameran otomotif Asia dan menjadi perbincangan bagi industri otomotif internasional.

Dalam sesi wawancara khusus dengan Andy Wismarsyah, Presiden Direktur, Seven Events menyebutkan dukungan yang telah datang dari OICA, merupakan suatu keistimewaan bagi kami selaku penyelenggara GIIAS.Dengan gelaran eksebisi berskala internasional, dapat membentuk sebuah jaringan bisnis yang besar di dunia untuk para pelaku industri otomotif di Indonesia.

Adanya lahan yang jelas bagi pabrikan otomotif untuk menampilkan produk terbarunya kepada masyarakat dalam dan luar negeri, turut mendongkrak pamor pabrikan industri kendaraan bermotor, yang berujung pada pertumbuhan ekonomi nasional.

-- Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events.

Tambah lagi, saat auto show berlangsung, biasanya para pelaku industri di bidang ini kerap menggunakannya sebagai ajang temu muka dan bertukar pikiran untuk memajukan industri masing-masing.

Tak menutup kemungkinan bila para petinggi APM yang berkunjung ke pameran ini, ke depannya memutuskan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara basis produksi, jika melihat pertumbuhan pasar otomotif yang pesat akibat penyelenggaraan GIIAS setiap tahunnya.

Bila kebutuhan akan kendaraan bermotor terus meningkat, beberapa sektor pendukung industri otomotif selain perakitan tentu juga akan turut mengikuti. Misal industri komponen, pelaku distribusi hingga infrastruktur pembangunan jalan raya.

“Belum lagi untuk sebuah penyelenggaraan pameran besar selama beberapa hari, ribuan orang jelas dilibatkan demi kesukesan terselenggaranya gelaran ini. Sisi positifnya, tentu membuka lapangan pekerjaan bagi para pelaku di bidang ini,” tambah Andy.

Pemanfaatan secara positif berkat dukungan yang diberikan oleh OICA, tentu membawa perencanaan positif untuk semakin membuat GIIAS 2016 menjadi semakin eksklusif.

Antara lain dengan dipercayanya GIIAS menampilkan special exhibit car atau mobil konsep dan peluncuran perdana (premiere show) agar setara dengan pameran sekelas dunia seperti Geneve Motor Show atau North American International Auto Show (Detroit Motor Show).

“Beberapa premiere show tentu perlu ditingkatkan agar Indonesia makin menjadi sorotan di dunia otomotif internasional. Untuk jumlah belum bisa kami sebutkan saat ini karena masih menunggu konfirmasi dari pihak APM. Rasanya tiap APM akan menampilkan produk unggulannya di GIIAS nanti,” tutup Andy.

 

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com