Meski tak sepanjang limousine di Amerika, kegemaran warga Negeri Cina dengan mobil versi long wheelbase cukup tinggi. Seolah jadi simbol status pengguna mobil ini adalah warga penuh kemapanan.

Beijing Motor Show : Di Cina Disukai yang Panjang, Makin Panjang Makin Makmur

 
Beijing Motor Show :  Di Cina Disukai yang Panjang, Makin Panjang Makin Makmur

Meski tak sepanjang limousine di Amerika, kegemaran warga Negeri Cina dengan mobil versi long wheelbase cukup tinggi. Seolah jadi simbol status pengguna mobil ini adalah warga penuh kemapanan.

Ada hal spesial yang selalu terjadi pada pameran mobil berskala internasional di Cina. Seperti pada gelaran Beijing Motor Show 2016, kembali fenomena khas Negeri Tirai Bambu ini muncul. Beberapa produsen otomotif dunia meluncurkan produk long wheelbasenya, yang hanya dipasarkan di Cina. Tengok saja Mercedes Benz dengan E class LWB, BMW dengan X1 LWB, Audi A4 L dan beberapa merek premium lainnya.

Booming perekonomian China telah melahirkan taipan dan orang kaya baru di sana. Salah satu efeknya adalah kemunculan simbol kemakmuran dalam bentuk mobil. Terutama mobil yang didesain dengan panjang ekstra. Dari sisi banderol harga, tentunya versi LWB ini memiliki fitur dan fasilitas lebih banyak dibandingkan dengan versi normalnya.

Tentu, harga cukup tinggi menjadi sepadan untuk menebus semua fasilitas dan kenyamanan itu. Sudah dapat dipastikan hanya orang dengan kemampuan finansial berlebih yang sanggup membayarnya.

Di sinilah keyword inisial L ini bermain, dengan ekslusivitas tersendiri sekaligus menjadi ajang unjuk status sosial pemiliknya. Faktor performa justru ditempatkan berada di bawah faktor kemewahan dan kenyamanan. Sehingga tidak selalu kendaraan dengan tambahan huruf L ini dilengkapi dengan mesin berperforma tinggi.

Ambil contoh Mercedes Benz E LWB yang menjadi salah satu bintang pameran kali ini. Ia hanya mengusung mesin 4 silinder dan 6 silinder yang diambil dari versi SWBnya. Asumsinya, dengan panjang ekstra 134 mm akan berimbas pada kenaikan bobot kendaraan. Sehingga boleh dikatakan bahwa handlingnya pun akan terkoreksi di bawah versi SWBnya. 

Audi A4 L di Beijing Motor Show

Namun perlu digarisbawahi sekali lagi. Filosofi yang disematkan pada versi LWB ini adalah kenyamanan dan prestise, bukan pada performa.

Segala hal tersebut, bermuara pada simbol kemakmuran dan kesuksesan. Ya, terjawab sudah mengapa banyak sekali mobil mewah LWB diperkenalkan di sini.  

Makin panjang....lebih makmur

Beijing Motor Show, merupakan salah satu pameran berskala internasional yang terakreditasi OICA (lembaga yang memayungi perusahaan otomotif dunia), seperti halnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan diselenggarakan Agustus mendatang.

 

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com