OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) adalah organisasi internasional yang memayungi organisasi industri otomotif dari seluruh dunia.

GIIAS 2016 Pameran Terakreditasi OICA

 
GIIAS 2016 Pameran Terakreditasi OICA

OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) adalah organisasi internasional yang memayungi organisasi industri otomotif dari seluruh dunia.

Menjadi bagian OICA adalah syarat penting untuk mengakui sebuah pameran merupakan pameran berskala internasional. Pasalnya, dengan pengakuan dan dukungan OICA, pameran tersebut bisa terdaftar dalam kalender pameran otomotif di seluruh dunia yang dibuat oleh OICA. Sehingga atensi pelaku industri, media juga masyarakat bisa terakomodir tanpa merugikan dan malah menguntungkan bagi seluruh anggota. 

Di Indonesia, hanya GIIAS, pameran yang terdaftar dalam kalender pameran anggota OICA sebagai pameran otomotif internasional. Ini membuktikan betapa besarnya dukungan dunia pada GIIAS untuk menjadi bagian industri otomotif dunia.

Daihatsu FX Concept GIIAS
Mazda GIIAS 2015

Terdaftarnya GIIAS sebagai pameran dalam kalender OICA pun memerlukan proses akreditasi. Pasalnya OICA tak sembarang tunjuk dan merilis setiap pameran yang digelar. Johnny Darmawan, sebagai Ketua Penyelenggara GIIAS sudah mendaftarkan GIIAS 2016 untuk akreditasi sejak tahun 2015.

OICA hanya merilis kalender pameran otomotif dua tahun sekali

-- Johnny Darmawan

“Saya datang ke Jenewa memenuhi undangan dari OICA dan saya sekaligus melapor dan mendaftarkan pameran ini,” ungkap Johnny seperti dirilis GAIKINDO. GIIAS pun akhirnya mendapatkan akreditasi untuk penyelenggaraan 2016. Mengapa 2016? Perlu diketahui, OICA hanya merilis kalender pameran otomotif dua tahun sekali.

Dukungan penuh OICA pada GIIAS pun sudah dimulai sejak 2015. Ketika itu, pameran tersebut pertama kali digelar dengan nama GIIAS dan diorganize oleh Seven Events. Namun meski itu baru tahun pertama digelar dengan nama itu, ternyata pengakuan OICA bukan sekadar di mulut semata. Presiden OICA, Kim Yong Geun hadir langsung ke GIIAS 2015 dan mengapresiasi pameran tersebut.

Salah satu maket peserta pameran yang semuanya indoor di ICE

“Hampir seluruh merek yang ada di dunia hadir pada pameran ini. Gedung yang dipakai sebagai tempat pameran sangat modern. Pameran ini terbesar di Asia, pelaksanaannya yang terbaik,” ungkap Kim Yong Geun seperti dirilis GAIKINDO.

Terbukti, lebih dari 450.000 pengunjung menyanjung hajat otomotif terakbar tahun itu. Dari keseluruhan rangkaian GIIAS 2015, bahkan tercatat transaksi mencapai Rp 6,3 trilliun. Padahal tahun tersebut disebut sebagai tahun lesu bagi industri otomotif nasional. Namun GIIAS berhasil membuktikan bahwa eksibisi otomotif tetap penting adanya bagi industri otomotif Nasional.

GIIAS 2016, akan diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai 11-21 Agustus 2016. Berdasarkan luas lahan dengan alokasi seluas 96.577 meter2 membuat GIIAS 2016 menjadi pameran otomotif terbesar ketujuh di dunia dari 18 pameran otomotif terpenting dunia. Hingga saat ini sudah ada 34 merek yang ikut serta di GIIAS 2016 yang terdiri dari 28 merek mobil penumpang (passenger car) dan 6 merek kendaraan komersial. 

 
 
Related
Don't miss this stories
Updates

otodriver.com