Kelas medium saloon saat ini masih didominasi oleh Altis dan Civic. Bagaimana pertarungan keduanya saat ini? Sebelum Altis akan balik menyerang dengan model terbaru pada tahun 2017 nanti.

Komparasi : Corolla Altis vs Civic Turbo

 
Komparasi : Corolla Altis vs Civic Turbo

Kelas medium saloon saat ini masih didominasi oleh Altis dan Civic. Bagaimana pertarungan keduanya saat ini? Sebelum Altis akan balik menyerang dengan model terbaru pada tahun 2017 nanti.

Persaingan kelas medium sedan di Indonesia semakin menarik untuk dibahas. Setelah lama dikuasai oleh Corolla Altis, Honda menyerang Toyota dengan meluncurkan Civic Turbo yang langsung mencuri perhatian para eksekutif muda, salah satu potential buyer di kelas ini.

Tak melulu bicara harga jual tinggi di kelas ini, tapi konsumen yang memiliki kemampuan beli medium saloon lebih memikirkan aspek mobil yang sesuai dengan keinginannya.

Di Indonesia, Corolla Altis masih mengandalkan model yang mereka perkenalkan pada tahun 2014 silam, dan sampai saat ini belum sekalipun mendapatkan perubahan.

Hal tersebut dimanfaatkan Honda Civic dengan meluncurkan model baru yang tampil lebih atraktif dan ditopang mesin turbo. Perubahan ini membuat Civic nyaman di singgasana teratas kelas medium saloon saat ini.

Meski begitu, perseteruan keduanya tetap seru untuk diungkapkan ke publik.

Dimulai dari segi dimensi, Corolla Altis memiliki panjang 4.620 mm, lebar 1.776 mm dan tinggi 1.460 mm. Sementara, Civic Turbo mempunyai panjang 4.630 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.416 mm.  

Kedua mobil memiliki wheelbase yang sama, yaitu 2.700 mm. Untuk ukuran dimensi, Civic dianugerahi dimensi yang lebih lebar ketimbang Altis, faktor ini dapat menghadirkan kenyamanan ekstra di dalam kabin.

Untuk urusan kenyamanan, tentu faktor suspensi sangat berpengaruh. Corolla Altis menggunakan supensi depan MacPherson Strut, sementara bagian belakang mengandalkan Torsion Beam.

Hal berbeda diterapkan oleh Civic, jika suspensi depan sepakat dengan Altis menggunakan MacPherson Strut, pada bagian belakang, Civic lebih mempercayai suspensi Multi-link yang dianggap punya daya redam lebih baik.

Lalu berbicara performa mesin. Ini yang menjadi pekerjaan rumah Toyota. Pasalnya, Altis masih mengandalkan mesin 1.800 cc DOHC berteknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut masih tergolong rendah yaitu 151 dk/6.400 rpm serta torsi 190 Nm/4.000 rpm.

Civic dianggap selangkah lebih maju dengan penggunaan mesin VTEC Turbo berkapasitas 1.498 cc, meski memiliki kapasitas mesin lebih kecil, nyatanya mobil ini mampu menyemburkan tenaga yang lebih besar yaitu 173 dk/5.500 rpm serta torsi 220 Nm pada 1.700-5.500 rpm.

Bicara transmisi, Honda Civic turbo hanya memiliki satu pilihan, yaitu CVT 7-percepatan. Sementara, Toyota Corolla Altis ditawarkan dengan dua pilihan, manual 6-percepatan dan CVT 7-percepatan berteknologi Sport Sequential Shiftmatic.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, bagaimana dengan harganya?

Toyota membanderol Corolla Altis tipe G 1.8 M/T seharga Rp 408,5 juta, sementara tipe V 1.8 A/T Rp 444,1 juta. Honda melabeli Civic turbo lebih mahal, tipe 1.5L ES Rp 475.5 juta, dan tipe prestige di angka Rp 478,5 juta.

Jika Anda salah satu pecinta Toyota, kabar terbaru yang beredar, Corolla Altis facelift bakal melantai tahun depan. Seperti apa keunggulannya? Mampukah menyerang balik Honda dengan mengungguli penjualan Civic? Kita tunggu saja.

Model Corolla Altis facelift 2017

 

 
 
Related
Updates

otodriver.com