Indonesia boleh berbangga, setelah Sienta kini Innova rakitan Karawang mendarat di Thailand. Ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan Innova di Indonesia, apa saja?

Innova Asal Karawang Untuk Thailand Ternyata Berbeda Dengan Indonesia

 
Innova Asal Karawang Untuk Thailand Ternyata Berbeda Dengan Indonesia

Indonesia boleh berbangga, setelah Sienta kini Innova rakitan Karawang mendarat di Thailand. Ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan Innova di Indonesia, apa saja?

Berita membanggakan, ketika mendengar Toyota Thailand memperkuat lini MPV-nya dengan memperkenalkan Innova Crysta di pasar dalam negeri Negeri Gajah Putih tersebut, Jumat (30/9).

Tentu hal ini cukup menggembirakan bangsa Indonesia, karena unit Toyota Innova tersebut rakitan hasil karya anak bangsa di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat.

Ada sedikit perbedaan strategi pemasaran Toyota Innova yang dipasarkan di Thailand dengan yang dijajakan di Indonesia.

Meski sama-sama dipasarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel, MPV berukuran sedang untuk pasar Thailand ini menggunakan mesin diesel yang berbeda dengan versi Indonesia.

Di sana menggunakan mesin diesel Toyota 1GD-FTV (2.755 cc). Mesin tersebut lebih besar 362 cc, jika dibandingkan yang digunakan Toyota Innova diesel versi Indonesia, dengan mesin Toyota 2GD-FTV, yang berkapasitas 2.393 cc.

Tentu seiring kapasitasnya yang lebih besar, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar.

Jika mesin 2GD-FTV pada Toyota Innova di Indonesia bertenaga maksimal 149 dk/3.400 rpm dengan torsi puncak 360 Nm/1.200-2.600 rpm, maka versi Thailand tenaganya 28 dk lebih besar dan torsi lebih banyak 50 Nm. 

Cukup jauh perbedaannya bukan? Memang, pasar mobil bermesin diesel di Thailand lebih kompetitif, serta harus diakui kualitas bahan bakar solarpun lebih baik dari Indonesia, sehingga pabrikan banyak memilih menggunakan mesin diesel dengan standar lebih tinggi untuk dipasarkan di sana.

Sedangkan versi bensin sama persis dengan di Indonesia, menggunakan mesin 1TR-FE (1.998 cc), bertenaga maksimum 136 dk/5.600 rpm dengan torsi puncak 182 Nm/4.000 rpm.

Di sisi interiornya, boleh disamakan dengan versi Innova Q di Indonesia, baris kedua dengan captain seat, dengan jok berbalut bahan kulit. Boleh dibilang, tak ada perbedaan di dalam kabin Innova versi Indonesia maupun Thailand.

Tetapi, pada versi Thailand, ada sedikit kelebihan diberikan pada pengemudi Innova anyar ini. Pada lingkar setir terdapat tombol pengatur Cruise Control. Memang, fitur yang bisa menjaga kecepatan tetap konstan itu bisa berguna di sana. Walau kota besar macam Bangkok pun juga kerap ditemui kemacetan di jalanan, seperti Jakarta.

Captain Seat, sama dengan kasta tertinggi Innova di Indonesia
Dasbor serupa, hanya setir dilengkapi Cruise Control

Sementara di eksteriornya, tampilan wajah Toyota Innova untuk pasar Thailand ini diberi penambahan air dam dan spoiler kit sehingga tampilannya menjadi lebih sporty.  

Toyota Thailand menargetkan penjualan sebanyak 600 unit di tahun ini. Memang, MPV bukanlah market besar di Thailand, meski begitu setelah hadirnya Sienta (juga berasal dari Indonesia), target Toyota di sana adalah 4.000 unit tahun ini.

"Segmen MPV Toyota ditargetkan terjual 4.000 unit di tahun ini, target tersebut meningkat 2,8% dari tahun lalu yang berada di angka 3.889 unit, pasar MPV ini sempat anjlok 40,3% pada 2014," ujar Vudhigorn Suriyachantananont, Vice President, Toyota Motor Thailand, seperti dikutip dari pressreader.com (Bangkok Post). 

Dengan adanya Toyota Innova Crysta ini, diharapkan pasar MPV Toyota di Thailand lebih bergairah.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com