Perusahaan Ficosa yang bekerja sama dengan Telefonica, berhasil memindahkan seisi markas besar kepolisan Spanyol ke dalam sebuah mobil patroli Seat Altea super canggih.

Seat Altea : Pindahkan Markas Besar Kepolisian ke Dalam Sebuah Mobil!

 
Seat Altea : Pindahkan Markas Besar Kepolisian ke Dalam Sebuah Mobil!

Perusahaan Ficosa yang bekerja sama dengan Telefonica, berhasil memindahkan seisi markas besar kepolisan Spanyol ke dalam sebuah mobil patroli Seat Altea super canggih.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kepolisian dalam menjalankan tugas mengurangi angka kriminalitas di  jalanan Spanyol, Ficosa mengembangkan sebuah mobil patroli polisi berteknologi tinggi. Perusahaan ini merupakan usaha multi nasional yang bergerak dalam industri perlengkapan otomotif yang berkonsentrasi pada riset dan pengembangan peranti keamanan, visibilitas serta efisiensi jaringan.

Dalam menciptakan sebuah unit patroli yang sepenuhnya terhubung dengan database kepolisian, Ficosa juga turut menggandeng perusahaan telekomunikasi lokal, Telefonica, guna mengintegrasikan sistem antara mobil dengan bank data di markas besar. Proyek kerjasama ini diberi tajuk ‘Connected Police Car’ dan dengan bangga dipajang dalam pameran SICUR 2016 (Internationa Security, Safety and Fire Exhibition) di Madrid, akhir Februari silam.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami karena dipercaya memprakarsai pengerjaan mobil patroli kepolisian Spanyol. Proyek yang berhasil diselesaikan selama tiga tahun ini, dipercaya sebagai alat yang penting dalam menjalani tugas patroli serta prosedur yang berbeda dalam melayani masyarakat,” tegas Xavier Pujol, Chief Excecutive Officer Ficosa.

Doc : Ficosa Corp

Stasiun polisi berjalan ini menggunakan sebuah Compact MPV (Multi Purpose Vehicle) lansiran Seat Altea bermesin diesel Turbocharger 1.900 cc yang telah disesaki peranti pendukung petugas patroli. Komputer layar sentuh 10 inci yang diletakkan pada dasbor tengah, dirancang tahan terhadap guncangan serta perubahan suhu dan iklim empat musim. Koneksi 3G dan 4G dari provider Telefonica, membuat perangkat tersebut mampu mengirim dan mengunduh data, foto dan video secara realtime secara dua arah.

Kamera yang tertanam di balik bumper depan dan belakang, secara pintar memiliki kemampuan sebagai Automatic License Plate Reader (ALPR). Modul perekam yang mampu membaca plat nomor kendaraan lain di dua sisi tersebut, secara cepat mampu mendeteksi dan memverifikasi apakah kendaraan tersebut termasuk daftar pencarian kepolisian terkait kendaraan curian, terkena tilang, masa berlaku habis atu sekadar catatan khusus.

Selain memiliki fungsi canggih diatas, kamera ini juga dijadikan sebagai media perekam aktivitas lalu lintas selama patroli. Dengan kemampuan jangkauan seluas 180 derajat, seluruh kejadian yang berlangsung di jalan raya dengan mudah tercakup, terekam dan terkirim ke markas besar kepolisian melalui Ficosa Fractal Antenna  sebagai laporan kondisi jalan.

Doc : Ficosa Corp

Lampu strobo LED berwarna biru sebagai standarisasi mobil patroli, terpasang pada bagian atap bersama dengan lampu sorot LED tambahan yang berguna untuk penerangan malam saat pengejaran atau pencarian pelaku tindak kejahatan.

Sebanyak tujuh unit Seat Altea pilot project ‘Connected Police Car’ telah berhasil diselesaikan. Secara bergiliran, ketujuh armada kepolisian tersebut akan dioperasikan di kota Madrid, Zaragosa dan Valencia. Kedepannya mereka telah mencanangkan akan memproduksi kembali mobil patroli ini secara simultan sebanyak 150 hingga 200 unit untuk memenuhi kebutuhan kepolisian di tiap kota.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com