Perjalanan panjang Accord, memberi berbagai kesan yang berbeda bagi Honda. Kini Best Selling Japanese Car 1982-1997 itu merayakan 40 tahun eksistensinya di dunia.

Happy Birthday Accord Sang Mobil Jepang Pertama Berpabrik Di Amerika Serikat

 
Happy Birthday Accord Sang Mobil Jepang Pertama Berpabrik Di Amerika Serikat

Perjalanan panjang Accord, memberi berbagai kesan yang berbeda bagi Honda. Kini Best Selling Japanese Car 1982-1997 itu merayakan 40 tahun eksistensinya di dunia.

Tahun ini Honda merayakan ulangtahun ke 40 untuk eksistestensi Accord. Model ini kini telah menginjak generasi IX  dan dikenal sebagai salah satu mobil paling populer di kolong jagad.

Bagi Honda, Accord merupakan model yang  paling berpengaruh dan menurunkan beberapa produk lain cukup dikenal, seperti Honda Vigor, Inspire, Odissey dan beberapa model lainnya.

Kiprah Accord dimulai dari pada Juni 1976, dengan sebuah hatchback 3 pintu yang dibekali dengan mesin 4 silinder SOHC 1.600 cc, yang sanggup menampilkan daya 68 dk saja. Mobil mungil ini hanya sedikit lebih besar dari Honda Civic yang muncul lebih dulu tahun 1972 dengan mesin 400 cc lebih besar.

Generasi pertama dengan sistem bahan bakar CVCC, rendah emisi

Model perintis ini memiliki wheelbase 2.380 mm yang artinya lebih pendek dibandingkan Honda Jazz saat ini yang memiliki wheelbase 2.530 mm.

Hal istimewa bagi Honda, ketika Accord mencatat sejarah. Tak berselang lama setelah peluncuran perdananya, pada tahun 1982 Accord menjadi mobil pertama bikinan Honda yang dibuat di luar Jepang, ketika produksi Accord juga dibuat di Amerika Serikat.

Accord juga tercatat menjadi mobil Jepang pertama yang dibuat di Negeri Paman Sam itu. Tentu saja, tak berapa lama predikat mobil Jepang pertama yang dieskpor dari luar Jepang langsung diraih.

Publik Amerika Serikat juga semakin tertarik menggunakan Accord, yang menjadi best selling untuk kategori mobil buatan Jepang di Amerika Serikat dari tahun 1982-1997.

 Accord generasi terbaru besar dan mewah

Sementara di Indonesia, kehadiran Accord dimulai pada tahun 1978. Namun hanya dipasarkan tipe empat pintu saja.

Kondisi ini terus berlangsung sejak generasi pertama hingga kesembilan yang dipasarkan di Indonesia.

Inilah yang menjadi penyebab, popularitas Accord tidak secemerlang adik kandungnya, Civic yang juga ada versi hatchback yang digandrungi generasi muda.

Happy Anniversary Accord.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com