Sebanyak 124 ribu konsumen Mitsubishi, akan diundang untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen perangkat keamanan dan kenyamanan oleh PT KTB. Semua dilakukan gratis!

Mitsubishi : Punya Mitsubishi Tahun 2006-2014? Bisa Jadi Masuk 124 Ribu Unit Terkena Recall

 
Mitsubishi : Punya Mitsubishi Tahun 2006-2014? Bisa Jadi Masuk 124 Ribu Unit Terkena Recall

Sebanyak 124 ribu konsumen Mitsubishi, akan diundang untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen perangkat keamanan dan kenyamanan oleh PT KTB. Semua dilakukan gratis!

Recall atau pemanggilan kendaraan yang telah jatuh di tangan konsumen, tidak selalu bermakna buruk. Meski masih ada yang beranggapan, recall sebuah upaya penggantian dari pabrikan karena produknya cacat.

Padahal, sebenarnya recall adalah bentuk kepedulian pabrikan dalam upaya memberikan kepuasan dan keamanan bagi konsumennya.

Seperti yang dilakukan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang melakukan recall terhadap beberapa produknya.

Program tersebut diiberi nama Field Fix Campaign, yakni kampanye perbaikan untuk kendaraan penumpang dan komersilnya di seluruh Indonesia, mengacu pada pihak prinsipalnya di Jepang.

Sejumlah 124.435 unit kendaraan penumpang dan komersial Mitsubishi yang dipanggil untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel resmi. 

 Komponen perangkat keselamatan dan keamanan yang di-recall, antara lain,

1. Airbag Inflator

  • Strada Triton Exceed dan GLS 2006 – 2014 (berikut greasing combination switch)
  • Lancer CS5A GLX dan SEi 2007- 2010

2. Combination Switch (Greasing)

  • Pajero Super Exceed 3.8 2008 – 2013
  • Pajero Sport 2009 – 2014
  • Delica 2014
  • Lancer EX dan Lancer Evolution X 2009 – 2010
  • Strada Triton 2006 – 2014

3. Penggantian ETACS / ECU

  • Lancer EX dan Lancer Evolution X 2009 – 2010

4. Penggantian Fuel Tank

  • L300 2014  

Meski pihak PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menyebutkan tidak ada laporan terjadinya insiden terkait dengan kondisi di atas, namun jika terus dibiarkan peranti ini dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan mengemudi. 

Inilah beberapa alasan mengapa komponen tersebut harus diganti :

  1. Airbag Inflator : Pada saat airbag mengembang (apabila memenuhi persyaratan kerjanya), airbag inflator berpotensi melepaskan partikel yang dapat menyebabkan cidera. Sampai saat ini penyebab utama dari hal tersebut masih dalam tahap investigasi. Penggantian airbag inflator dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut. Waktu penggantian airbag inflator tersebut diperkirakan satu jam.
  2. Combination Switch :  Ketika turn signal atau wiper switch dioperasikan, gesekan yang sangat kecil terjadi di dalam terminal dan menghasilkan oksidasi residu keausan yang akan mengurangi fungsi switch, sehingga berpotensi mengakibatkan tidak berfungsinya headlamp, clearance lamp, tail lamp atau fog lamp saat switch dioperasikan. Aplikasi grease (gemuk) akan dilakukan pada bagian turn signal dan wiper switch, sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut. Waktu pelumasan Combination Switch tersebut berkisar 30 menit.
  3. ECU : Ditemukan adanya potensi tidak stabilnya tegangan dalam komponen ETACS ECU yang dapat menyebabkan headlamp (lampu utama) dan wiper tidak berfungsi. Penggantian ETACS ECU akan dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut. Lama penggantian di prediksi sekitar 2 jam.
  4. Fuel Tank : Ditemukannya potensi kurang sempurnanya pengelasan pada fuel filler neck yang dapat mengakibatkan kebocoran bahan bakar. Penggantian fuel tank dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut. Lama pengerjaan berkisar 1 jam.

Bagi konsumen Mitsubishi yang kendaraannya termasuk dalam kampanye ini akan menerima surat resmi dari KTB untuk pemeriksaan dan penggantuan suku cadang tersebut tanpa dikenakan biaya apapun.

Kampanye ini akan berlangsung mulai Senin 6 Juni 2016 di seluruh bengkel resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia.

Untuk mempersingkat waktu pemeriksaan dan perbaikan, konsumen disarankan melakukan service booking guna kemudahan pengaturan waktu pemeriksaan.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com