Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), berhasil raih 11 penghargaan dari 6 kategori dalam penilaian Indonesia Green Award.

Toyota Indonesia : Mendapat 11 Penghargaan Indonesia Green Awards 2016

 
Toyota Indonesia : Mendapat 11 Penghargaan Indonesia Green Awards 2016

Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), berhasil raih 11 penghargaan dari 6 kategori dalam penilaian Indonesia Green Award.

IGA merupakan penghargaan dalam rangka Hari Bumi yang diperingati setiap tahun, 22 April. TMMIN bahkan dianugerahi predikat “The Best Indonesia Green Awards 2016” setelah menggondol semua kategori yang dilombakan dalam IGA 2016.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang terdiri dari para pakar dan pemerhati lingkungan, Toyota Indonesia berhasil menyapu bersih seluruh penghargaan dari 6 kategori.

Yaitu Penyelamatan Sumber Daya Air, Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Mempelopori Pencegahan Polusi, Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu, Program Pengganti Unggulan (bagi perusahaan yang tidak terlihat dalam konservasi hutan). 

"Kami berterimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada aktivitas CSR Toyota Indonesia dalam upaya menjaga pelestarian lingkungan hidup. Kami akan senantiasa berupaya melakukan perbaikan agar seluruh aktivitas CSR kami yang meliputi bidang lingkungan, pendidikan, kemasyarakatan, dan keselamatan lalu lintas, dapat memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, pada acara penyerahan IGA 2016 di Taman Tebet Jakarta Selatan, Sabtu (21/5).

Sejak kehadirannya di Indonesia 45 tahun lalu, Toyota Indonesia terus berupaya meningkatkan kontribusi kepada masyarakat, baik melalui pengembangan produk dan industri, maupun berbagai kegiatan sosial, termasuk aktif dalam bidang pelestarian lingkungan. Besaran kegiatan difokuskan pada upaya nyata berupa seri penanaman pohon, mendukung pembangunan “Bank Genetik” untuk spesies tumbuhan asli dan langka Indonesia, serta edukasi kesadaran lingkungan hidup bagi generasi muda Indonesia.

Program Toyota Eco Youth (TEY) merupakan salah satu program unggulan Toyota Indonesia di bidang lingkungan. TEY merupakan kontes peningkatan kondisi lingkungan hidup bagi siswa Sekolah Menengah Atas yang saat ini telah menginjak tahun ke-10.

TEY diharapkan dapat berperan serta membangun generasi muda dalam hal pelestarian lingkungan hidup dengan meningkatkan kesadaran dan peran aktif mereka serta mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan.

Hingga TEY ke-9 yang dilaksanakan pada tahun 2015, terhitung lebih dari 750 sekolah dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam program tersebut  dengan lebih dari 2.340 proyek perbaikan lingkungan yang diajukan. Proyek-proyek TEY juga diminta untuk menularkan pengetahuan dan aktivitas kepada lingkungan sekitar sehingga dampak dari TEY dapat dinikmati dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Selain melalui aktivitas CSR di masyarakat, Toyota Indonesia juga selalu berupaya untuk meningkatkan aktivitas ramah lingkungan di internal, baik melalui program yang ditujukan untuk menghemat energi dan mengembangkan penggunaan energi baru dan terbarukan, untuk mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan dari proses produksi dan logistik, manajemen limbah, sampai aktivitas untuk konservasi air.

Dalam IGA 2016, program TAM berupa penghematan energi melalui pengurangan stok barang besar-besaran dan program TMMIN berupa penampungan air hujan yang didaur-ulang untuk penggunaan di proses produksi menjadi pemenang di kategori Menghemat Energi, Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan dan kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.

“Semoga upaya yang kami lakukan selama ini mampu menginspirasi dan memperluas kesadaran lingkungan hidup sehingga  dapat memberikan manfaat yang berarti bagi pelestarian lingkungan di Indonesia. Aktivitas-aktivitas ini kami lakukan sejalan dengan komitmen Toyota untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia,” imbuh Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto.

Indonesia Green Award 2016 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan The La Tofi School of Corporate Social Responsibility, bagi perusahaan-perusahaan yang dinilai memberikan komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Selain untuk perusahaan, IGA 2016 juga diberikan kepada instansi pemerintah  dan komunitas yang sebelumnya diundang secara terbuka guna mengikuti seleksi penerimaan penghargaan tersebut melalui pengajuan proposal aktivitas CSR mereka yang terkait dengan upaya pelestarian lingkungan hidup. Untuk  instansi pemerintah dan komunitas,  seleksi mencakup kategori green province, green citygreen campus dan dan green school.

Toyota berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif nasional, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com